Dari abu

Dari abu





Apakah saya berhalusinasi? Atau apakah itu benar-benar ayahku?


Aku ingin pergi... Saya sedang menontonnya dengan ayah saya memegang jari telunjuknya dengan tangan mungil saya dari seorang anak laki-laki berusia 7 tahun. Warna oranye menyebar di atas kanvas abu-abu secara perlahan, dan mulus dari bawah garis laut di cakrawala di pantai. Matahari terbit sepertiburung Phoenix. 


Ayah saya bercerita tentang kisah burung itu, karena sekarang itu adalah kisah favorit saya sepanjang masa. Itu adalah satu-satunya momen indah yang saya miliki dengan ayah saya yang dapat saya ingat. Mungkin aku terlalu melebih-lebihkan adegan itu-- Nah begitulah cara saya mengingatnya.


Saya berusia 23 tahun. Nama saya KARNA, itu adalah karakter dari mitologi India, yang merupakan putraDEWA MATAHARI.


Ayahku adalah seorang penulis cerita pendek. Dia menulis untuk sebuah majalah. Dia adalah seorang surealis, semua karyanya adalah fiksi. Peristiwa aneh yang menentang logika. Saya bertanya-tanya apakah semua itu pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Dia meninggal ketika saya berusia 8 tahun. Saya datang ke pantai ini dan menyaksikan matahari terbit kapan pun saya bisa. Saya merasa dia ada di sekitar saya setiap kali saya menatap matahari, itu membangkitkan momen indah itu dengan ayah saya. Hanya cara saya bahagia saat menonton matahari, saya sedih saat menontonnya, membangkitkan momen menyakitkan-- kematian ayah saya. Saya selalu bertanya-tanya bagaimana jadinya jika dia masih hidup atau kadang-kadang saya berharap matahari tetap selamanya bersama saya karena saya merasa tidak nyaman berada di malam hari.


Setelah beberapa minggu kematiannya. Saya bertanya kepada ibu saya bahwa, "apakah dia akan pernah kembali?" Saat itulah dia mengingatkan saya pada kisah yang ayah saya ceritakan sebelumnya. Yaitu...

"Dahulu kala ada seekor burung purba bernamaPhoenix, berumur panjang yang terbakar dan kemudian bangkit dari abu. Demikian juga ayahmu akan kembali suatu hari nanti seperti burung Pheonix."


Sejak saat itu, saya menantikan hari ayah saya akan kembali. Sangat naif. Tetapi saya menyadari secara bertahap bahwa itu semua hanya untuk membuat saya nyaman.


Hari Ini.

19:25, 12 Mei 2019

Ibu saya mencari melalui lemari di kamarnya untuk tiket pesawat (Chennai ke Mumbai). Dia akan pergi ke Mumbai untuk perjalanan bisnis resmi.


'Karna, aku pergi. Penerbangan lepas landas pada pukul 20.00. Aku akan meneleponmu sebelum lepas landas jika kamu lupa makan.'

'Ibu ...'

'Apa?... Saya tidak pernah mendengar seseorang yang lupa makan. Pernahkah Anda merasa lapar?'

'Arg... Ibu jangan mulai lagi atau kamu akan ketinggalan penerbangan dengan berbicara denganku.'

'Selamat tinggal. Aku akan kembali besok malam.' Dia menatapku beberapa detik jauh sebelum dia pergi, seperti sesuatu yang diharapkan dariku. Tapi saya tidak bisa mengerti apa itu.


Beberapa menit kemudian, terdengar suara dari kamar ibuku. Saya masuk ke sana, lemari sudah terbuka. Hal-hal di dalamnya telah jatuh ke lantai. Membawa mereka untuk meletakkannya kembali ke lemari. Ada file di antara mereka, itu milik ayah saya, dengan kertas tertulis di atasnya, lebih seperti coretan di atasnya. Sepertinya ide kasar dari salah satu cerita ayah saya.


Saya duduk di kursi di samping meja untuk melihat lebih dalam hal itu. Dalam makalah itu di antara mereka memiliki gambar. Saya menggambar itu pada usia 7 tahun saya.


Gambar itu tentang seorang anak dan ayahnya, melihat matahari terbit di pantai tetapi alih-alih matahari saya telah menggambar burung pheonix yang hampir tidak terlihat seperti burung tetapi itulah yang saya katakan kepada ayah saya.

Sambil melihat gambar sesuatu yang jatuh dari file. Ini rokok milik ayahku. Saya meletakkan gambar itu di atas meja dan mengambil rokoknya.


Ibu saya pernah mengatakan kepada saya bahwa dia tidak suka ayah saya merokok. Setiap kali dia mengatakan kepadanya untuk berhenti, dia selalu mengatakan bahwa,

"IniNavigatorKabut. Dalam proses penulisan saya, setiap kali saya tersesat, itu menunjukkan jalannya. Setiap kali saya bingung, itu mengungkap simpul kekacauan dari pikiran saya."

Ibuku berkata kepadaku bahwa, itu tidak lebih dari alasan dia untuk merokok.


Saya membuka laci meja dan mengambil kotak korek api. Saya belum pernah merokok sebelumnya, tetapi ingin tahu apa yang kabur di atasnya. Saya menyalakan korek api dan kemudian rokok. Menarik asapnya.

Ahem... Ahem...

Itu membuatku batuk. Tapi sekarang, saya merasakan sensasi, kekakuan seluruh tubuh saya sedikit mengendur.


Melihat gambar di atas meja tanpa berkedip lama sampai hitam mematahkan kompetisi menatap. Listrik padam.


Saya menyalakan obor ponsel saya, mencari lilin. Lebih baik jika saya menemukannya, baterai ponsel lemah. Ketemu, lilin berukuran sedang, sudah meleleh lebih dari setengahnya tapi cukup. Di sini pemadaman listrik biasanya tidak akan berlangsung selama lebih dari sepuluh menit, berharap itu akan kembali dalam waktu setengah jam.


Saya Memukul tongkat korek api, menyalakan lilin, memasangnya di atas meja.

The Power kembali.

'Fuuuu.' Saya meniup lilin.

Kuasa itu hilang lagi.

Sekali lagi saya mengambil tongkat korek api dan menyalakan lilin. Dan lagi-lagi kekuatan itu kembali.

'Kamu harus bercanda.'

Semakin dekat ke lilin, cobalah untuk meniup tetapi kali ini sedikit tersedu-sedu.

'Saya harus terlalu memikirkannya. Itu hanya kebetulan.'

Menjadi sedikit lebih banyak sambil menatapnya.

'Fuuuu.'

B L A C K N E S S,

Lagi.


Saya memukul tongkat korek api. Dan saya tidak percaya apa yang terjadi, mata saya tertuju pada lilin, pikiran saya memikirkan lingkaran yang telah terjadi beberapa saat yang lalu.

Tongkat korek api yang saya pegang terbakar. Menyerang yang lain dan menyalakan lilin.

Lampu tabung di atas saya di ruangan itu hidup kembali.

Mataku masih belum lepas dari lilin.

'Apakah kamu mencoba membuatku menjadi gila? Hentikan. Hentikan sekarang juga.'

Apa yang saya lakukan? Berbicara dengan lilin? Yang terbaik adalah mengabaikannya daripada berbicara dengannya. Tapi tetap saja fakta yang telah terjadi-- membingungkan saya.


Saya baru saja meninggalkan ruangan, pergi ke aula, mengambil botol air di lemari es dan mulai meminumnya. Saya perhatikan, pintu utama ditutup hampir meninggalkan celah tipis di mana saya bisa melihat garis putih. Saya melewati pintu dan membukanya. Saya tidak percaya apa yang saya lihat, jalan rumah saya dalam cahaya siang bolong, dan matahari menggantung di atasnya.


Bagaimana saya bisa mengabaikan ini?

Apa yang terjadi?


Saya kembali ke kamar, kegelapan memenuhi seluruh ruangan segera setelah saya meniup lilin. Saya sampai di pintu utama tidak ada cahaya siang bolong atau matahari, hanya pantulan cahaya bulan di jalan.

Saya menyalakan lilin lagi dan jalan kembali di bawah cahaya matahari.

Saya lebih bahagia daripada saya terkejut atau bingung. Otak saya mengabaikan pemikiran rasional dan mulai menikmati momen menonton matahari.


50 menit kemudian...

20:20 WIB

Masih mengamati matahari sepertinya sudah beberapa detik bagi saya tetapi sudah hampir satu jam.

Saat saya menontonnya, dalam sekejap mata matahari lenyap, jalanan tiba-tiba berubah menjadi mode malam. Sekarang saya merasa terkejut, bingung dan otak saya melibatkan pemikiran rasional saya.

'Tunggu... Apa yang terjadi? Mengapa tiba-tiba gelap?


Saya kembali ke kamar melalui kegelapan. Saya tidak bisa melihat cahaya lilin. Saat saya mencari kotak korek api di atas meja, pikiran saya dipenuhi dengan pikiran. Mungkin akan tertiup angin tapi kipas angin di ruangan itu belum menyala. Tanganku menggenggam kotak korek api, memukul tongkat korek api. Dengan cahaya dari tongkat korek api, saya melihat lilin meleleh sampai ke bawah.


Pikiranku menjadi kosong dan semua pikiran telah memudar. Cahaya dari tongkat korek api terbakar. Saya mulai mencari lilin di rumah tetapi saya tidak dapat menemukannya di mana pun.

Tiba-tiba sebuah pikiran muncul di benak saya, saya mengambil file ayah saya, kertas gambar dan hal-hal lain di atas meja untuk meletakkannya di rak. Saya mulai memetik potongan-potongan lilin yang meleleh dan melelehkannya menjadi cair di atas kompor. Menuangkannya ke dalam gelas kecil dan meletakkan kain katun tipis yang robek dari pakaian lama saya di tengah gelas, menahannya sampai lilin yang meleleh mengering.


Sekarang memukul tongkat korek api dan menyalakan lilin. Lilin yang saya buat berfungsi dengan baik. Itu mengisi ruangan dengan cahaya yang memadai, selain itu tidak ada yang terjadi. Kekuatan tidak pernah kembali atau matahari. Jalan masih tetap pada mode malam.


Saya mengambil ponsel saya, itu menunjukkan waktu 8:20, tiga panggilan tak terjawab dari ibu saya dan sebuah pesan di bilah notifikasi. Mungkin dia ingin mengingatkan saya untuk makan. Dan pesannya adalah dari perusahaan belanja online, menawarkan diskon untuk beberapa produk khusus hari ibu. Saya memutar nomor ibu saya di ponsel saya. Panggilan itu tidak terhubung, dia ada di pesawat sekarang. Aku menatap telepon mataku menatap saat itu. Butuh beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa itu adalah keanehan.

Mataku membelalak, akhirnya menangkapnya. Waktu masih menunjukkan 8:20, saya menunggu sedikit lebih lama untuk berubah tetapi tidak berubah. Saya pergi ke kamar saya dan mengambil jam tangan analog saya. Ini juga menunjukkan waktu 8:20 dan hal lain adalah pin detik jam belum bergerak.


Waktu telah berhenti ketika lilin meleleh.


Saya melihat ke jalan di kejauhan, saya melihat seseorang di atas sepeda tidak bergerak dan seorang lelaki tua berdiri dengan satu kaki, sepertinya dia membeku saat berjalan. Semuanya berhenti kecuali saya.


'Apa yang sedang terjadi?'

Aku merasa kepalaku akan meledak. Pikiran saya menghitung kondisi situasi. Sekarang saya dapat dengan jelas melihat apa yang baru saja terjadi.

'Aku kehilangan ibuku.'


Saya mengambil telepon saya dan meneleponnya lagi. Panggilan itu tidak terhubung. Dia ada di pesawat. Saya tidak bisa melihatnya lagi, saya tidak bisa berbicara dengannya lagi, selamanya. Pikiran saya mengalami pemikiran - Apakah ini berbeda dari sebelumnya? Saya tidak pernah terlalu menghargai kehadirannya, lalu apa bedanya ini. Saya telah menjalani keseluruhan saya sebagai orang yang egois. Sepertinya dia telah menjadi hantu sepanjang hidupku. Saya bahkan tidak bisa hadir ketika dia menelepon saya.


Saya melihat ponsel saya. Itu menambah ekstra penyesalan saya. Hari ini bukan hanya hari ibu, ini juga hari ulang tahunnya. Sekarang saya mengerti mengapa dia menatap saya sedikit lebih lama sebelum meninggalkan rumah, dia mengharapkan saya untuk mengucapkan selamat ulang tahun padanya. Saya menelepon nomornya sekali lagi. Panggilan itu tidak terhubung.

Hanya untuk sesaat saya pikir saya mendapatkan sesuatu yang bisa saya kendalikan kebahagiaan saya, saya bisa mengendalikan matahari. Tetapi sesuatu memukul saya cukup keras untuk menyadari bahwa saya tidak mendapatkan apa-apa kecuali kehilangan semua yang saya miliki -- Ibu saya.

Saya telah mengejar seluruh hidup saya untuk sesuatu yang tidak dapat saya miliki daripada menghargai apa yang saya miliki. Sekarang saya benar-benar ingin berbicara dengan ibu saya dan mengucapkan selamat ulang tahun padanya tetapi saya tidak bisa.


Saya telah memikirkan pikiran yang telah datang dan melewati pikiran saya untuk sementara waktu dan Sesuatu muncul di benak saya-- Ulang tahun!

Saya memiliki lilin ulang tahun di beberapa kotak di kamar saya. Mungkin lilin baru dapat bekerja dan menyelesaikan situasi. Saya pergi ke sana dan mengambilnya. Nyalakan lilin dan pasang di atas meja. Tidak apa-apa. Tidak ada yang terjadi. Air mata mengalir di mata saya, tidak peduli seberapa banyak saya menangis itu tidak akan mengubah apa pun. Saya selalu merasa tidak nyaman di malam hari, hanya itu yang saya miliki sekarang dan akan selamanya.


Kertas gambar di rak jatuh. Saya mengambilnya, sesuatu telah tertulis di sisi belakang. Saya ingat, setelah saya menunjukkan gambar itu kepada ayah saya, dia melihatnya dan mulai menulis sesuatu di belakang. Dia menulis,

"Pheonix bukan hanya burung dari mitologi, itu adalah simbol yang mewakili transformasi, pembaruan yang dibutuhkan orang ketika dihadapkan dengan masalah baru dalam hidup. Mereka harus ingat bahwa masalah yang mereka hadapi hanya dapat diatasi dengan rela membunuh diri batin kita yang lama yang meledakkannya menjadi api bersama dengan keyakinan, pemahaman, pendapat, penyesalan, dan rasa sakit kita yang lama untuk yang baru untuk mendapatkan perspektif baru tentang dunia untuk menghadapi masalah yang lebih baru dan lebih baru yang dihadirkan kehidupan kepada kita. Dan dari abu yang kita lahirkan kembali, dan abu itu adalah perubahan anakku. Anda tidak dapat memahami apa yang saya katakan sekarang ... tetapi Anda suatu hari nanti akan melakukannya. Jadi sampai saat itu Anda hanya melihatnya hanya sebagai burung."


Saya berpikir,Sampai kita meledakkan diri dan ideologi batin kita yang lama ...

Saya mengambil gambar itu dan meletakkan tepi kertas di nyala lilin sambil memegangnya. Api menangkap kertas gambar yang menyebar perlahan dari bawah ke atas. Potongan abu jatuh dari meja. Api dari kertas itu akhirnya sampai ke jari-jariku.


'Ahah...' Saya berteriak. Nyala api dari rokok yang saya pegang di antara jari-jari saya turun dan membakar jari-jari saya.


Saya hanya membeku untuk sementara waktu, mencoba memahami momen itu.

Saya menyadari ruangan itu telah dipenuhi dengan cahaya dari lampu tabung di atas kepala saya. Sebelum saya ada kertas gambar di atas meja tetapi bukan lilin. Saya mengambil ponsel saya itu menunjukkan waktu 7:40, saya memutar nomor ibu saya di dalamnya dengan tergesa-gesa. Itu mulai berdering, garis terhubung.

'Halo.'

'Ibu.'

'Mmm, Karna.

'Bu, maafkan aku.'

'Mengapa? Apa yang terjadi?'

'Saya sangat egois sepanjang hidup saya. Bahkan tidak pernah menghabiskan cukup waktu dengan Anda atau menghargai cinta dan perhatian yang telah Anda tunjukkan kepada saya. Maaf bu. Selamat ulang tahun. Aku bahkan tidak bisa mengingatnya untuk mendoakanmu.

'Terima kasih karna, itu sudah cukup bagiku. Dan jangan lupa untuk makan sebelum tidur.'

'Ya, Tentu ibu.'

'Saya akan menelepon Anda setelah saya sampai di sana.'

'Selamat tinggal ibu.'


Saya memiliki begitu banyak pertanyaan yang belum terjawab dan semuanya dimulai dengan kertas gambar itu. Saya mengambilnya di tangan saya dan menatapnya sampai sebuah pikiran memenuhi pikiran saya.


Apakah saya berhalusinasi? Atau apakah itu benar-benar ayahku?

Apakah dia mencoba memberitahuku sesuatu sepanjang waktu?


Saya memukul tongkat korek api.


Tapi pertanyaan pentingnya adalah--

Apakah itu benar-benar penting?


Saya Mencelupkan tepi bawah kertas ke atas nyala api.





."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Taun17

Haus Persaingan

Haus Persaingan Cerita ini berisi tema atau penyebutan kekerasan fisik, gore, atau pelecehan. Saya telah menatap layar selama berjam-jam. ...